Sabtu, 14 April 2012

Cara Melakukan Scandisk pada flashdisk yang tidak bisa diformat


Scan disk pada flasdisk yang tidak dapat di format atau pemeriksaan disk pada dasarnya adalah perintah atau syntact pada PC (komputer) untuk memeriksa apakah isi disk tersebut tersusun seperti struktur file aslinya atau tidak. (mirip deprag kali ya?). Scan disk mempunyai fungsi mengembalikancatatan registry file2 di disk tersebut agar kembali normal seperti saat kita menempatkan file tersebut. Lalu apa perlunya scan disk ini?
Kita sering akan copy file tetapi sering gagal mengcopy atau gagal menulis di disk. Ini sering terjadi karena struktur disk sudah kacau. Melalui scan disk ini kita dapat mengembalikan struktur ini, agar baca tulis disk tersebut kembali normal.
Artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan arfi yang menanyakan cara Cara Melakukan Scan Disk pada flasdisk yang tidak bisa di format. Langsung sajakita mulai. Kami asumsikan partisi F adalah direktori Flashdisk yang tidak bisa di format. ( C = system, D = Hardisk, E = CD Room, F = flasdisk yang tidak bisa di format)
Langkahnya adalah:
  1. Klik kanan partisi F ( flasdisk yang tidak bisa di format)
  2. Klik properti.
  3. Akan muncul tampilan seperti ini.
    Properti; flashdisk yang tidak bisa diformat
  4. Klik Tab Tool (alat)
  5. Maka tampilannya adalah sbb:
  6. Klik Check now
  7. Centang kedua cek box (automatic fix file system errors, dan scan for attemt recovery of bad sectors)
    Cek box; FD tak dapat diformat
  8. Klik start… dan tunggu beberapa saat.
Setelah langkah – langkah ini dilakukan biasanya file2 yang tersimpan di flasdisk yang tidak bisa di format tersebut akan kembali normal di bisa di baca tulis lagi (di format ulang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar