Rabu, 16 Mei 2012

Membersihkan Virus MBR harddisk


Membersihkan Virus MBR harddisk


MBR ( Master Boot Record ) adalah Memory Dimedia penyimpanan ( misal: Harddisk ) yang pertama kali diakses Oleh BIOS Matherboard. Jadi matherboard mengenali partisi Harddisk ( Drive ) berdasarkan apa yang tertulis dalam MBR tersebut.

Virus MBR , adalah Virus yang memodifikasi informasi di Memory MBR dengan tujuan bermacam-macam , diantaranya , agar harddisk tidak bisa diakses . Tidak bisa Diisntall dsb…
Efek dari Virus ini : Komputer tidak bisa Booting , atau diinstall ulang ( walaupun diformat All Drive  :) )
Dari segi bahaya , sebenarnya Virus ini tidak merusak secara langsung , tapi bisa dibayangkan bila partisi harddisk kita hilang apa yang kita lakukan ?
Mungkin kita akan menformat Harddisk :)   ini yang membuat rugi kita , karena data kita hilang karena kesalahan kita sendiri yaitu memformat Harddisk .
Virus MBR yang pernah saya  alami ada beberapa Varian ( jenis ) diantaranya
1. Merubah MBR , tapi masih bisa masuk ke DOS
2. Merubah MBR  bila Di BIOS Harddisk didisable , Computer normal bisa masuk DOS tapi bila Harddisk di Enable ( auto ) Komputer hang ( tidak bisa deteksi harddisk ).Ini terjadi hanya di matherboard tertentu…
Untuk sebagian teman teknisi , biasanya mereka akan menganggap rusak harddisk tersebut. Karena tanda-tandanya   memang seperti Harddisk rusak !
Untuk membuktikan bahwa harddisk tidak rusak , Silakan Disable Harddisk Lewat setting BIOS > Gunakan Hiren Boot CD 9.7 > Mini Windows Xp . Di Mini Windows Xp ,  File yang ada Di Harddisk ( partisi ) akan terlihat semua dalam kondisi Normal . Silakan Backup Data penting anda ke harddisk lain , Flash disk ataupun Portable Harddisk .
Bila Harddisk di posisikan Enable di bios , Harddisk tersebut akan seperti Rusak karena Mau diinstall tidak bisa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar